Alhamdulillah, CT ARSA Foundation  Wujudkan Rumah Inspirasi  Desa Hantakan Barabai

0

Jakarta – Meskipun sempat dilanda banjir besar di bulan Januari 2021 lalu, upaya membangkitkan Kampung Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah terus dilakukan. Apalagi pasca banjir yang meluluhlantakan Desa Hantakan, membuat infrastruktur jalan dan tempat ibadah dan pendidikan rusak berat.

Demi untuk kebangkitan masyarakat Hantakan pasca banjir, sebuah upaya membangun spirit dan berbagi peduli pun dilakukan. Wujud kepedulian dan perhatian ini pun datang dari CT.ARSA Foundation. Bersama dengan Dompet Amal Transmedia, Organisasi Nirlaba mandiri  ini pun membangun gedung serbaguna di Desa Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

“Pembangunan gedung serbaguna yang kami beri nama Rumah Inspirasi ini, merupakan wujud upaya kita bersama memutus mata rantai kemiskinan melalui pendidikan.Tahap pertama pembangunannya hari Jumat (8/10/2021) kita lakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Inspirasi.Ini merupakan rumah Inspirasi kedua setelah Muara Gembong, Bekasi,” jelas General Manager CT ARSA Foundation, Gatut Mukti, kepada Economic Travelling.Com, Jumat (8/10/2021).

 

Peletakan Batu Pertama Rumah Inspirasi yang dibangun CT ARSA Foundation -Dompet Amal Transmedia di Desa Hantakan Barabai, Jumat (8/10/2021).

 

Kondisi Desa Hantakan, salah satu desa yang paling parah diterjang banjir hebat, sebut Gatut Mukti mengundang keprihatinan siapa saja, tak terkecuali CT ARSA Foundation.Terlebih banjir tersebut membuat Kecamatan Hantakan lumpuh total. Tercatat ratusan rumah hilang terbawa arus, termasuk menelan korban jiwa.Bahkan sejumlah fasilitas publik rusak berat  seperti sekolah dan tempat indah banyak yang memerlukan perhatian untuk dibangun kembali.

“Kondidi inilah yang membuat CT ARSA Foundation Dompet Amal Transmedia tergerak membangun Rumah Inspirasi ke daerah tersebut. Insya Allah pembangunannya memakan waktu dua bulan dan jika selesai bisa dimanfaatkan untuk masyarakat di desa Hantakan,” kata Gatut Mukti.

Keberadaan Rumah Inspirasi sendiri, menurut Gatut Mukti, selain digunakan untuk anak-anak belajar dan mengaji, bangunan tersebut juga berfungsi sebagai wadah pertemuan warga untuk bermusyawarah. Tak hanya itu di rumah tersebut sejumlah ibu rumah tangga pun bisa memanfaatkan untuk pelatihan UMKM dan pemberdayaan masyarakat. Karena itulah mengapa Rumah Inspirasi di bangun untuk memberikan spirit penuh bagi masyarakat setempat untuk kembali bangkit, setelah terpuruk akibat bencana banjir.

 

General Manager CT ARSA Foundation, Gatut Mukti mengedukasi anak-anak di pengungsian bencana cara mandi yang benar dan sehat.

 

Langkah CT Arsa Foundation Bersama Dompet Amal Transmedia membangun rumah Inspirasi diapresiasi sejumlah kalangan. Karena di tengah situasi sulit pasca pandemi dan banjir besar Barabai, masih ada tangan-tangan malaikat memberikan perhatian penuh kepada masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah, khususnya Hantakan.

“Alhamdulillah kami sangat mengapresiasi dengan CT Arsa Foundation bersama Dompet Amal Transmedia lewat kepeduliannya membangunkan sarana dan prasarana khusus yakni Rumah Inspirasi.Tentunya ini akan memberikan manfaat luar biasa bagi masyarakat di Barabai khususnya Hantakan,” ujar Arya, salah satu warga Barabai kepada Economic Travelling.Com.

 

 

Peletakan batu pertama  secara resmi Rumah Inspirasi sendiri  yang dihadiri langsung  anggota tim pembangunan Herman Irawan. Turut hadir pula Camat Hantakan (Sahri Ramadhan) di dampingi Ibu Kepala Desa, Ketua BPD Hantakan,  Asrani beserta anggota, Babinsa setempat, Bhabinkamtibnas, Seluruh ketua RT desa Hantakan dan juga para Tokoh Agama serta masyarakat desa Hantakan, Kabupten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. (olpah Sari Risanta)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version