Abby, Traveller Wanita Indonesia yang Menginspirasi

9

Membawa Pesan Keindahan Wisata Nusantara Lewat Petualangan

Cuaca Bali Kamis sore (7/10/2021) cukup cerah. Kota ini sedikit menggeliat seiring rencana pemerintah membuka Bali kembali untuk dikunjungi turis mancanegara. Di sudut salah satu jalan seorang perempuan muda cantik mengenakan kaos putih dengan celana jeans terlihat mengendara mobil sport .

Tepat di salah satu mini market ia menghentikan mobil untuk berbelanja keperluan. Namun sebelum itu ia sempat mengangkat telepon dari seseorang yang jauh di Banjarmasin. Suaranya yang renyah namun tegas menyambut pembicaraan lewat handphone.

“Siap Mas….Insya Allah kita ikut South Kalimantan Travel Mart, ntar kita sambung ya, karena lagi membeli perlengkapan buat touring ke Banjarmasin pertengahan Oktober nanti,” kata perempuan yang belakangan diketahui adalah Abby.

Traveller Muda kelahiran Jakarta ini akhirnya bersedia memberikan waktu wawancara jarak jauh dengan Reporter Economic travelling.Com, Olpah Sari Risanta. Ia pun tersenyum saat menutup pembicaraan sebelum memasuki sebuah mini market di kawasan Seminyak, Bali.

 

 

Abby mungkin adalah satu diantara puluhan traveller wanita yang dimiliki Indonesia. Sekedar diketahui  sekarang , tak hanya sekedar liburan ke berbagai destinasi populer, ada banyak traveller wanita yang lebih berani, nekad dan berani dengan melakukan perjalanan ke tempat yang tak biasa, sendirian pula!.

Jika dulu ada banyak hal yang dianggap tabu untuk dilakukan oleh seorang wanita, kini hampir semua hal bisa dilakukan oleh wanita, termasuk travelling ke berbagai tempat tanpa takut dibatasi. Nah urusan melancong juga sekarang bukan miliknya kaum pria. Sederet nama pun menghiasi potret travelling dewasa ini, mulai dari Trinity Nekat Traveller, Riyanni Djangkaru, Medina Kamil hingga Abby.

Abby memang sedikit berbeda. Karena urusan melancong, wanita yang satu ini tak tanggung-tanggung karena sering melakukannya seorang diri dengan gaya backpacker.Jika kebanyakan orang liburan hanya beberapa hari, namun mendedikasikan beberapa kali dalam  kurun satu tahun. Kehidupannya belakang ini banyak dihabiskan untuk travelling dan bisnis yang sedang dikembangkan, sembari  melanglang buana ke berbagai negara dan ke berbagai kawasan di Indonesia.

“Berbicara travelling dan adventure, ini saya lakukan sejak muda. Karena Indonesia itu memiliki pesona yang luar biasa, terbukti negara-negara lain saja mengakui wonderfull Indonesia. Sudah sewajarnya anak Indonesia seperti saya mempunyai kebanggaan dengan Indonesia yang beragam memiliki kekayaan alamnya untuk sebuah pariwisata,” cerita Abby mengawali pembicaraan dengan Economic Travelling.Com, Jumat (8/10/2021).

 

 

Perempuan penggemar petualangan alam terbuka ini menyebutkan jika destinasi wisata yang banyak tersebar di pelosok negeri, harus dikabarkan ke dunia luar.Ia pun memutuskan menggeluti dunia pariwisata, sebagai bagian mengenalkan lebih jauh wisata Indonesia dan kearifan lokalnya, serta keramahan masyarakatnya.

“Kita sependapat dengan Pa Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk mengembangkan sektor pariwisata dalam upaya pemulihan ekonomi kreatifnya. Karena itulah sebagai bagian dari anak bangsa, bersama-sama mendorong potensi masyarakat dan desa wisata kreatif, dalam rangka meningkatkan perekonomi masyakat pariwisata di Indonesia,” sebut Abby sembari membetulkan letak kacamata hitamnya.

Life is a daring adventure or nothing at all, kutipan Hellen Keller, terasa pas untuk kiprah seorang Abby. Many Stories told, begitu ia menyampaikan pesan dalam setiap perjalanan yang dilakukan berkeliling Indonesia. Tak heran perempuan penggemar musik country dan balada serta genre reggae ingin menyampaikan cerita dibalik jurnal perjalanan wisatanya ke sejumlah kawasan di Indonesia.

“ Motivasi sederhana adalah apa yang dilihat dan didengar tentu akan kita sampaikan.Mereka yang di pelosok sederhana apa adanya serba kekurangan.Mungkin pesan bisa sampai lewat kabar-kabar, termasuk postingan di media sosial. Karena tidak semua wilayah dari Sabang hingga Merauke, masyarakat luas tahu,” tutur wanita berkulit exotic sembari menyeruput kopi hitam panas.

Bagi Abby bisa bertemu masyarakat yang berbeda kultur dan budaya serta beragam suku dan adat, menambah pemahamannya bahwa Indonesia itu negeri indah yang penuh dengan kekeluargaan dan persatuan. Ia pun bisa mengenal dari dekat suku di Papua, saat ekspedisi tanah Papua beberapa saat lalu.

“ Meskipun udah beberapa tahun tidak ke Papua, eh begitu kita kembali travelling ke berbagai kawasan, mereka masih mengenali. Itulah Indonesia negeri indah yang masih memegang adat ketimuran dan persaudaraan, Kita bangga sekali. Karena itulah mari kita tebarkan kebaikan melalui pesan keindahan indonesia, pariwisata Indonesia,” ujar Abby.

 

Meskipun dikenal sebagai salah satu traveller yang suka berpergian secara solo, perempuan yang dikenal ramah dan penggemar kuliner rawon dan soto Banjar ini, selalu melakukan riset-riset terlebih dahulu. Riset tentang suatu kawasan sangat penting termasuk keamanan dalam travelling seorang diri bagi seorang perempuan.

“Riset dan kenali adat istiadat daerah yang bakal kita kunjungi dan tetaplah memegang prinsip dimana bumi kita pijak di situlah langit kita junjung. Alhamdulillah perjalanan wisata ke sejumlah tempat juga banyak menemukan teman, sahabat, bahkan ada yang menganggap kita saudara mereka,” ucap Abby memberikan kiat bertualang sendiri keliling Indonesia.

Terkait South Kalimantan Travel Mart 2021, Abby sendiri sangat mengapresiasi sekali.Karena ini salah satu strategi membangkitkan kembali industri pariwisata beserta pelaku ekonomi kreatif lainnya, terutama di Kalimantan Selatan. Ia pun langsung menyanggupi saat panitia memberikan info event berskala nasional di bawah koordinasi Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan dan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Kalimantan Selatan.

“Is Good, event menarik apalagi saya rindu dengan bamboe rafting. Ini luar biasa sekali bisa kembali ke Kalimantan Selatan yang terkenal dengan adventure di Loksado, kuliner enaknya di Banjarmasin serta serunya berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan. Kita siap menjadi bagian promosi Visit Kalimantan Selatan 2022, melalui pesan travelling yang kami jalani ini, sukses buat kawan-kawan penggiat pariwisata di Kalsel.Saya bangga bertemu orang-orang hebat di event ini,” kata Abby mengakhiri pembicaraan. (Olpah Sari Risanta)

 

 

9 thoughts on “Abby, Traveller Wanita Indonesia yang Menginspirasi

  1. Luar biasaa…..
    Saya memiliki hoby yg sama tapi terkendala keluarga dan pekerjaan yg mengikat, tapi dengan melihat, membaca dan mengetahui pengalaman orang-orang apalagi pengalaman mbak Abby sedikit mengobati kekangenan akan treveling adventure.
    Salam lestari dan semoga senantiasa sehat terus nya mbak….

  2. Tiada duanya ….
    Apresiasi tertinggi buat kamu wonder woman. Terus kibarkan merah putih
    Berjuang utk indonesia tdk harus bawa senjata.

    P Jokowi,
    Ini jg pahlawan lhooww…

    👍👍👍🙏🙏🙏

  3. Jarang ada cewek yang mau menggeluti dunia traveling.. Dahulu saya juga punya cita cita seperti itu, tapi belum punya duit.. Sekarang punya duit, tapi tidak ada waktu

  4. Di masa pandemi ini sangat dibutuhkan sekali konten yg positif seperti ini. Dengan membaca ttg pertualangan Mbak Abby, kami serasa ikut serta berjalan bersama.

    Saya suka bacaan ini karena menunjukan bahwa Indonesia lebih dari Bali dan ada sangat banyak lokasi di Indonesia dengan potensi tourism yg tinggi.

    Semoga travel industry di Indonesia semakin maju dan berkembang.

  5. Jejak langkah adalah petualangan itu sendiri yang menjadi journey cerita kehidupan seorang petualangan yhg visioner ( kak aby) menjadi sebuah inspirasi tersendiri bagi perempuan lain di luar sana………..

    Berpetualangan jangan takut apa yang ada di pikiran tanpa pernah melangkah…lebihbanyak orang baik di sana dgn segala keunikan negri ini…
    INDONESIA……

    1. Saya mengenal wanita yg bernama panggilan Aby , D’bobo, ade sabila kurang lebih 6 tahun yg lalu mempunyai karakter suka membantu sesama, mempunyai jiwa sosial yg tinggi, walaupun seorang wanita namun ketegasan , dalam setiap tindakan tidak di ragukan, dan tidak pernah memilih dalam pergaulan nya
      satu hal lagi, dalam setiap petualangan Sosok wanita ini sering dilakukan seorang diri karna cinta nya dengan keragaman dan keindahan Nusantara wonderful… sangat pantas jika menjadi duta travelling Sukses selalu buat Abby..

  6. Jejak langkah adalah petualangan itu sendiri yang menjadi journey cerita kehidupan seorang Kak Aby …
    Menjadi insiprasi diluar sana

  7. Kereeen bangeet deh..
    Bahagia banget kita bisa mengenal sosok seorang Abby..
    Wanita cerdas yang tangguh, yang hadir
    mengapresiasikan jiwa & raga..
    untuk Wonderful Indonesia.. 💪🥰
    So, Abby adalah Abby,
    Gaya Khasnya, adalah pesona tersendiri..
    ‘Pesona Wanita Indonesia Sejati’

    Dengan hadirnya seorang Abby,
    semoga semakin banyak ‘Daerah & Budaya Indonesia’ yang bisa diexplored dan dikembangkan dengan
    ala backpacker, sehingga masyarakat Indonesia berbagai kalangan pun bisa menikmati ‘Wonderful Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan Ribuan Pulau2nya..’

    Dengan harapan seluruh rakyat Indonesia juga berupaya untuk selalu menjaga tanah air Indonesia dan menjaga Kelestarian Alam Nan Elok..
    BANGGA & BAHAGIA , Menjadi Bagian & MEMILIKIMU, WONDERFUL INDONESIA-KU.. 🇮🇩♥️😇🤗🥰

    Dear Abby..
    Terus dan lanjutkan petualangan dirimu..
    Sebebas Elang di atas sana..
    Semoga selalu menjadi manfaat bagi orang banyak..
    Sosok dirimu, InshaAllah bisa mewakili saya dan wanita Indonesia lainnya, yang juga sehobby, namun masih dalam keterbatasan dirinya..
    Seperti saya yang juga sehobby, tapi biasa traveling berdua dengan suami.. 😉🤗🤩

    Bravo Sistaah..
    Bangga & Bahagia bisa mengenal dirimu,
    semoga kelak kita bisa bersama menjadi sahabat perjalanan, mengarungi Wonderful Indonesia kita..
    Aamiin.. 🤲😇
    💐🤗🥰

  8. Redaksi mengucapkan terima kasih yang tak terhingga, atas tanggapan luar biasa dan perhatian khusus ribuan pembaca di mana saja berada, terhadap artikel khusus tentang traveller Abby. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan manfaat dan inspirasi untuk semua. Salam sehat…salam Pariwisata, Wonderfull Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!