Paman Birin Turdes “ Vaksinasi Bergerak “, Gotong Royong Melawan Corona

0

Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan H.Sahbirin Noor kembali turun ke desa. Program “maelangi warga” atau Turdes di pelosok-pelosok kampung dilakukan Gubernur bersama sejumlah anggota Forkopimda Kalimantan Selatan, Rabu pagi (6/10/2021).

Namun keberangkatan Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel ini, berbeda dengan Turdes sebelumnya. Karena kali ini Paman Birin, mengajak masyarakat untuk  bervaksinasi, dalam rangka menekan angka sebaran Covid-19. Dalam misi khusus mendukung program pemerintah dalam percepatan Herd Immunity (kekebalan kelompok) , Paman Birin mengendarai trail bersama ratusan rider, seperti Danrem 101 Antasari, Brigjend TNI Firmansyah,Polda Kasel dan sejumlah Kepala Dinas maupun instansi terkait lainnya.

Dengan menggunakan ratusan sepeda motor trail, dipimpin Gubernur Paman Birin,rombongan ini pun bertolak dari Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin. Perjalanan Paman Birin dkk juga membawa misi kemanusiaan, membagikan ribuan paket sembako.

“ Covid-19 adalah musuh bersama yang harus kita hadapi bersama dengan gotong royong.Kita tidak bisa mengatasi dan menanggulanginya sendirian, namun perlu kerjasama dan kekompakan. Karena itulah Vaksinasi Bergerak kita mulai melalui Turdes ini,” kata Gubernur Kalsel, H.Sahbirin Noor, sebelum bertolak Turdes Vaksinasi Bergerak, di halaman Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Rabu (6/10/2021).

Turdes kali ini mengusung kegiatan Vaksinasi Bergerak ke-13 kabupaten kota. Kegiatan sendiri bertujuan untuk mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 di Kalsel.Berdasarkan catatan kegiatan yang melibatkan 150 peserta ini berlangsung berlangsung selama 4 hari, dari Rabu (6/10/2021) hingga Sabtu (9/10/2021).

Direncanakan usai dari  Majelis Ta’lim Habib Ali, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Paman Birin pun mengunjungi Ponpes Ubudiyah Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut. Rute selanjutnya SMAN 1 Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, langsung ke Lontar, Kabupaten Kotabaru. Sedangkan rute berikutnya, setelah di Kabupaten Kotabaru, SMA yang akan dipantau kegiatan vaksinasinya berlokasi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Tabalong, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Barito Kuala, dan berakhir di wilayah Kota Banjarbaru.

“Turdes ini untuk pertama awal pemerintahan periode kedua  dan kedelapan kalinya kita turun ke desa di 13 kabupaten kota dan kali ini untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi dan kegiatan sosial kemasyarakatan,” ujar Paman Birin.

Hari pertama kegiatan Turdes rombongan Paman Birin berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di SMA Don Bosco, Jalan RK Ilir, Kelurahan Pekauman, Banjarmasin. Rute ini dilakukan sebelum rombongan bertolak ke Majelis Ta’lim Habib Ali, Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar.

Di tempat ini pun Paman Birin memberikan semangat kepada ratusan siswa dan masyarakat yang mengikuti vaksinasi massal, namun pelaksanaannya tetap mengutamakan protokol kesehatan.

“Kegiatan vaksinasi sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo dalam upaya mencegah menularan Covid -19, karena vaksin mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus ini.Karena itulah tetap semangat dan mari kita bersama-sama melawan covid-19 dengan gotong royong,” seru Paman Birin yang disambut yel-yel siswa, dewan guru dan masyarakat yang mengikuti vaksin.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan , DR. Muhamad Muslim, menegaskan dengan kegiatan ini diharapkan dapat mencapai target 22.000 dosis vaksin COVID-19 per hari, diseluruh daerah di Kalsel.

“Saat  ini Kalsel tengah mempercepat program vaksinasi dan kita habiskan stok yang ada. Tentunya nanti pemerintah pusat juga segera mengirimkan tambahan pasokan vaksin. Dengan begitu, capaian vaksinasi terus meningkat dan herd Immunity di tengah masyarakat segera terbentuk,” tegas Muslim yang ikut serta dalam Turdes Vaksinasi Bergerak.

Guna memudahkan kelancaran misi kemanusiaan , sejumlah petugas Tim khusus Dinas Sosial seperti Tagana, membawa logistik bantuan kemanusiaan Covid-19. Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Siti Nuriyani, kegiatan Vaksinasi Bergerak yang diinisiasi oleh Gubernur Kalsel ini, akan membagikan 2.300 paket sembako. Bantuan sembako sendiri  berisikan  gula pasir, minyak goreng dan bahan sembako lainnya.

“Paket bantuan sendiri akan dibagikan langsung oleh Pak Gubernur, baik saat meninjau lokasi vaksinasi maupun dibagikan saat melintasi wilayah 13 kabupaten kota. Dinas Sosial sendiri membantu dalam hal pengantaran logistik bantuan tersebut” terang Siti Nuryani kepada wartawan.( Olpah-Sari Risanta )

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version