Bangga Produk Lokal UMKM, Amanah Borneo Park Jalin Kerjasama Dengan Bigfast

0

Darmawan Jaya :  Amanah Borneo Park Turut Membesarkan Produk-produk Lokal 

Banjarbaru – Program Bangga Buatan Indonesia ternyata tidak hanya disambut baik pemerintah, namun juga kalangan swasta. Perhatian dan dukungan swasta pun terhadap produk lokal terus mengalir di mana-mana. Tidak terkecuali dengan kalangan swasta di Banjarbaru.

Salah satunya adalah manajemen Amanah Borneo Park (ABP). Pengelola destinasi wisata dan edukasi ini pun memberikan perhatian penuh bagi produk rumahan.  Dukungan ini pun direalisasikan dalam satu jalinan kerjasama dengan salah satu UMKM pembuat sabun pembersih piring, Bigfast.

Sebagai langkah awal Amanah Borneo Park memberikan kesempatan bagi produk yang diolah langsung Irwaningsih dipamerkan di destinasi wisata dan wahana terbesar di Kalimantan ini. Bahkan produk sabun pencuci piring ini pun dipakai untuk perusahaan dan para karyawan Amanah Borneo Park.

“Sudah menjadi komitmen Amanah Borneo Park untuk tumbuh bersama masyarakat. Pemberdayaan UMKM ini sebenarnya sebagai tanggung jawab kami dengan menyandang nama Borneo. Sehingga komitmen kuat ya  memang harus mengangkat produk-produk lokal. Selain promosi dan menjual produk UMKM di galery toko, kami juga mengadakan expo yang melibatkan para pelaku usaha UMKM,” terang Direktur Operasional, Hj.Yulianjar Wati, kepada Economic Travelling.Com, Rabu (6/10/2021).

 

 

Lebih jauh Anjar mengatakan pihaknya selalu membuka pintu bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk atau olahan rumahan. Karenanya ABP sendiri memberikan ruang dan wadah untuk produk lokal asal Kalimantan Selatan, khususnya juga Banjarbaru. Hanya saja ini buat UMKM yang mau bekerjasama dan memenuhi standar kualifikasi.

“Artinya produk yang dipamerkan disini benar-benar berkualitas dan sesuai standar kualifikasi. Seperti halnya yang terbaru ada program Amanah Cinta Negeri, Cinta Produk dalam Negeri. Realisasinya  adalah kami memberi tempat kepada UMKM untuk mengenalkan dan menjual produknya secara langsung di Amanah Borneo Park ,setiap pekan secara bergantian,” kata eksekutif muda yang dikenal ramah ini.

Amanah Sendiri juga menurut Anjar, memberikan ruang bagi seniman untuk mengekpresikan semua karya untuk dipamerkan di Amanah Borneo Park. Ini juga sebagai bagian komitmen bagaimana mereka menghargai karya-karya seniman, selain UMKM.

 

 

Langkah kerjasama yang dilakukan Amanah Borneo Park dengan salah satu UMKM Banjarbaru ini, diapresiasi Ketua Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Provinsi Kalimantan Selatan, Darmawan Jaya Setiawan.Pihaknya menilai strategi yang dilakukan ABP sendiri memberikan angin segar bagi UMKM untuk mengembangkan diri melalui jalinan kerjasama tersebut.

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik, terlebih ada pihak swasta yang sudah mapan dan besar terpanggil untuk turut membantu membesarkan brand lokal produk dari para Pelaku UMKM,  dengan menjalin kolaborasi pemasaran, promosi, penjualan maupun distribusi supaya mereka juga bisa naik kelas,” ujar Darmawan Jaya Setiawan, saat dihubungi Economic Travelling.Com, Rabu (6/10/2021).

Mantan Walikota Banjarbaru mengaku sangat berterima kasih dengan keluarga besar Amanah Borneo Park yang turut membesarkan produk-produk lokal melalui berbagai event dan program.

“Salah satunya melalui Gerakan Indonesia Amanah dimana nantinya produk lokal seperti Big Fast ini disupport dengan menggunakan jaringan Distro Amanah Air Minum yang juga menjual produk lokal,” sebut Darmawan Jaya.

 

 

Darmawan Jaya sendiri tentunya tak asal bicara, karena selama ini kiprah Amanah Borneo Park dengan memberikan perhatian khusus terhadap pelaku usaha UMKM sangat tinggi. Apalagi dalam mengembangkan usahanya mulai air minum mineral dan sehat, hingga destinasi wisata dan edukasi, selalu melibatkan tenaga warga lokal dan sekitar area usaha mereka di kawasan Taruna Bhakti RT 12, Kelurahan Palam,Banjarbaru. (Olpah Sari Risanta)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!