Sekda Roy Rizali : Geopark Meratus Naik Status Tahun Depan

0

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiga Uno Berikan Dukungan Untuk Kalsel

Banjarbaru – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar, mengatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan  mengusulkan 34 geosite ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun depan.

Guna mendukung percepatan kenaikan status menjadi UNESCO Global Geopark (UGG), Kalsel sendiri sebut Roy Rizali Anwar akan melakukan melakukan perbaikan penambahan fasillitas diantaranya berada di Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

“ Dari 34 ada 5 skala prioritas geosite yang sudah. Kami berharap Geopark Meratus dapat naik statusnya menjadi UNESCO Global Geopark (UGG),” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar, pada workshop dan webinar pengembangan ecotourism berbasis konservasi alam, di Amanah Borneo Park, Banjarbaru, Senin (4/10) sore.

 

Roy pun menyebutkan pula berbagai langkah sudah dilakukan untuk mencapai target menjadi UGG, di antaranya dengan perbaikan fasilitas geosite, perbaikan akses, serta sosialisasi  kelompok sadar wisata dan lainya.

“ Pengakuan Meratus sebagai UGG akan menjadi berkah bagi masyarakat Kalimantan Selatan. , Meratus akan menjadi sorotan dunia. Hutan terlindungi, masyarakat mendapat manfaat ekonomi,” sebut Roy, yang dikenal dekat dengan kalangan media.

Senada dengan itu,  Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Syarifudin mengatakan, geosite yang sudah dan akan dibenahi adalah Tahura Sultan Adam di Kabupaten Banjar, Pendulangan Intan Kota Banjarbaru, Tanjung Dewa Kabupaten Tanah Laut, Batu Besar di Kabupaten Tanah Bumbu dan Pantai Sekoyang Kotabaru.

“ Jadi prosesnya  saat ini sudah pada tahap akhir untuk mengusulkan 34 geosite yang menjadi satu ke satuan ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO),” ujar Syarifudin

Sementara Kabid Air Tanah Dinas ESDM Kalsel Ali Mustopa, mengatakan, total ada 34 site warisan geologi yang disiapkan. 11 site berskala internasional sisanya nasional dalam satu kesatuan geopark meratus.

“ Warisan geologi tersebut akan dilakukan penambahan sarana pendukung secara bertahap seperti jalan, papan informasi serta yang lainya,” ucapnya.

 

 

Sekedar diketahui rencana Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menaikkan status Geopark Meratus menjadi UNESCO Global Geopark (UGG), didukung penuh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Hal ini disampaikannya saat Weekly Press Briefing, secara daring dan luring, Senin sore (4/10/2021). Sandiaga Uno sendiri berencana menurunkan tim khusus dalam upaya mendukung penuh bagi Kalimantan Selatan, khususnya Geopark Meratus.

“ Kami akan menurunkan tim untuk membantu Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, sebagai upaya dukungan kami. Termasuk untuk mendapatkan pengakuan UNESCO Global Geopark. Pariwisata berbasis alam dan budaya menjadi andalan kita sekarang,” Kata Sandiaga, saat sesi tanya jawab dengan sejumlah wartawan, di Jakarta, Senin (4/10/2021). (Olpah Sari Risanta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!