Alhamdulilah Menparkeraf Dukung Penuh Geopark Meratus Menjadi UGG

0

Alhamdulilah Menparkeraf Dukung Penuh Geopark Meratus Menjadi UGG

Jakarta – Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif , Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan akan memberikan dukungan penuh bagi Geopark Meratus. Terlebih Geopark Meratus berpeluang besar mendapatkan pengakuan UNESCO Global Geopark (UGG).

Hal ini disampaikannya saat Weekly Press Briefing, secara daring dan luring, Senin sore (4/10/2021). Sandiaga Uno sendiri berencana menurunkan tim khusus dalam upaya mendukung penuh bagi Kalimantan Selatan, khususnya Geopark Meratus.

“ Kami akan menurunkan tim untuk membantu Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, sebagai upaya dukungan kami. Termasuk untuk mendapatkan pengakuan UNESCO Global Geopark. Pariwisata berbasis alam dan budaya menjadi andalan kita sekarang,” Kata Sandiaga, saat sesi tanya jawab dengan sejumlah wartawan, di Jakarta, Senin (4/10/2021).

 

 

 

Menparekraf Sandiaga Uno sendiri mengaku terpesona dengan keindahan wisata alam yang ada di Kalimantan Selatan. Ia pun dibuat terkesima dengan pemandangan dan destinasi wisata alam di bumi Lambung Mangkurat. Salah satunya saat melakukan kunjungan ke salah satu Desa Wisata di Kabupaten Tanah Laut.

“ Kalau ke Kalsel kita tidak hanya berbicara tambang dan perkebunan saja, namun disana industri berbasis pariwisata dan ekonomi kreatifnya sangat menggeliat. Saya diajak ke kawasan tinggi pegunungan, yang sangat berpotensi untuk dikembangkan ,” beber Sandiaga Uno.

Menyaksikan dari dekat sejumlah destinasi wisata berbasis alam di Kalsel, Sandiaga melihat sangat bagus untuk dikembangkan dengan baik dan berkesinambungan. Karena itulah destinasi wisata berbasis alam akan sangat bagus dihubungkan pula dengan wisata religi dunia. Karena salah satu wisata religi tumbuh bagus, karena adanya Haul Abah Guru Sekumpul, yang setiap tahunnya dikunjungi jutaan jemaah dari berbagai daerah dan negara.

“ Haul Abah Guru Sekumpul, salah satu wisata religi yang dikembangkan sebagai daya tarik wisata religi berkelas internasional.Kami sangat mendukung hal ini selaras dengan Visit Kalsel 2022,” ujarnya.

 

 

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dibawah Kepemimpinan Gubernur Sahbirin Noor tengah mengusulkan Geopark Meratus menjadi UNESCO Global Geopark. Rencana usulan tersebut akan dinilai langsung badan PBB ini di tahun 2022 mendatang.

Sebagai salah satu warisan geologi, kawasan Geopark Meratus sendiri telah diakui secara resmi tahun 2018 silam, sebagai Geopark Nasional.Kondisi pegunungan yang menjadi sabuk hijau dan punggung pulau Kalimantan ini, dinilai sangat komplek dan menjadi pembeda dengan geopark lainnya di dunia. Geopark Meratus sendiri terbentyk dari subduksi samudera dan benturan benua disertai volkanisme tua.

“ Mudah-mudahan Taman Bumi atau Geopark ini, memberikan manfaat luar biasa bagi Kalimantan Selatan dan Indonesia.Seperti manfaat konversi, penelitian, edukasi, geowisata dan ekonomi kreatif. Kita dorong juga kenaikan statusnya untuk UNESCO Global Geopark, dan terpenting sebagai pembangunan berkelanjutan dan berbasis lingkungan,” kata Gubernur Kalsel, H.Sahbirin Noor, didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Selatan Nurul Fajar Desira, saat menggelar Ngupi Bareng Paman Birin beberapa waktu lalu.

Paman Birin sebutan Gubernur Kalsel, juga menyebutkan sasaran akhir dari pengembangan Meratus adalah untuk masa depan anak cucu di Banua. Karena Meratus adalah masa depan oksigen, sumber air baku serta pengendalian bencana alam. (Olpah Sari Risanta).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!